Jalangkung

Permainan Jalangkung memang sudah tidak asing lagi di Indonesia, permainan mistis ini sering kali dilakukan oleh orang dengan maksud dan tujuan yang berbeda-beda. Permainan yang KONON memanggil roh orang yang sudah meninggal - tetapi pendapat lain mengatakan bahwa yang datang adalah JIN yang berpura-pura sebagai ROH. Permainan Jalangkung dilakukan dengan cara menggunakan uang logam , gayung yang terbuat dari batok kelapa, atau bisa juga menggunakan jangka. Kisah ceritaku berawal dari rasa ingin tau ku untuk bermain jalangkung, yang mengakibatkan kapok seumur hidup ! Kejadian ini terjadi pada pertengahan Oktober 1996 dimana aku dan teman-temanku berempat mencoba bermain Jalangkung dengan menggunakan Jangka, dirumahku ... dikamar ku. Permainan pemanggilan roh itu dimulaidengan membakar menyan, lilin dan lampu ruangan dipadamkan. Pada saat itu hujan diluar sangatlah deras dan pada saat itu waktu menunjukan jam setengah duabelas malam.
Kami berempat duduk bersila diatas tempat tidur mengelilingi kertas putih bergambar lingkaran abjad. Akhirnya kami bergiliran untuk memegangijangka tersebut berputar. Tak kurang dari sepuluh menit ternyata jangka itu bergerak dan ternyata jangka itu menulis bahwa yang datang adalah roh wanita. Setelah itu saya oper keteman yang kedua , ketiga dan keempat ternyata roh yang datang ternyata seorang pria dengan nama yang berbed. Tiba giliranku lagi ternyata yang datang adalah roh wanita yang pertama, ku alihkan lagi kepada temanku ..tapi ternyata teman-temanku berhasil mendatangkan roh yang berbeda dari semula, dan yang membuat badanku semakin bergetar adalah, setiap giliranku selalu datang roh wanita yang itu-itu lagi.
Hingga begitu tiba giliranku yang ketiga kalinya ... ternyata roh manita yang sama lagi yang datang ...Kami terpaku beberapadetik, dan serentak kami berempat berloncatan dari tempat tidur, langsung mencoba keluar dari kamar dengan berebutan. Dengan nafas terengah-engah langsungkami berkumpul di ruang tamu Kebetulan sekali pada saat itu diruang tamu ada kakakku yang sedang menonton TV. Langsung saja kami ceritakan kejadian yang baru saja kami alami. Kakakku sedikit tidak percaya dengan kejadian yangkami alami. akhirnya kakakku langsung masuk kedalam kamarku untuk membuktikannya..... setelah beberapa menit masuk dan melihat sekeliling kamarku kakakku kembali keruang tamu dan berkata " Ah, kamu semua ...dasar pengecut ... Tuch liat ... temen kamu yang didalem kamar kamu .... dia nyantai saja .... nggak takut ... malahan dia minta rokok sama aku..."
Kontan dengan perkataan kakakku seperti itu semakin membuatku kaget....! Karena jelas-jelas kami dikamar itu hanya berempat, dan semuanya sudah keluar dari kamar itu ... Lantas, siapa yang berada dikamar saya sambil merokok.....???? Tanpa pikir panjang lagi ... kami berempat langsung saja pergi keluar ...dan akhirnya meutuskan untuk tidur di rumah temen kami.
Keesokan harinya saya pulang kerumah dan membersihkan kamarku dari sisa-sisa permainan Jalangkung semalam. Tiba-tiba ibuku memanggilku dan berkata; " Besok lagi jangan bawa temen tidur disini !!... bising !! sampai hampir Subuh gedebak-gedebuk terus...ngapain aja sich ? "
Setelah aku ceritakan ke Ibu kalau aku tadi malam habis bermain Jalangkung dan tidak tidur dirumah.... Ibuku langsung marah habis-habisan. Akhirnya Ibuku memanggil orang pintar.
Setelah diketahui lewat " Orang Pintar " ternyata salah satu roh yang kami panggil ternyata tidak mau kembali, dan bersemayam di celengan yang berbentuk kakek-kakek gendut dengan pakaian kimono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar